Kamis, 08 November 2012

PROSES MASUK DAN BERKEMBANGNYA KEBUDAYAAN INDIA DI INDONESIA

PROSES MASUK DAN BERKEMBANGNYA
KEBUDAYAAN INDIA DI INDONESIA

Hubungan Indonesia Dengan India.
            Hubungan antara Indonesia dengan India melalui lautan mungkin lebih tua umurnya daripada hubungan Indonesia dengan china. Faktor penyebabnya karena sistem angin di Indonesia yang lebih memudahkan dan kebanyakan dilakukan dengan menyusuri pantai. Kapal-kapal itu melewati Selat  Malaka menuju ke pelabuhan-pelabuahan di Indonesia dan sebaliknya juga demikian,denagan kapal layar itu mereke menyusuri pantai pada  musim yang tepat. Dengan adanya hubungan pelayaran dan dagang antara Indonesia dengan  India inilah menyebabkan masuknya kebudayaan Hindu yaitu agama Hindu dan Budha.
            Kebudayaan Inia pertama kali muncul disekitar Lembah Sungai Hindus wilayah ini yang menjadi awal perkembangan Agama Hindu-Budha,penduduk asli India adalah bangsa Dravida,kemudian penduduk asli India juga di arahkan oleh bangsa Aria. Kemudian bercampur dengan bangsa Dravida dan terjadilah bangsa yang dinamai bangsa Hindu dan agama yang di anut mereka di sebut Agama hindu,yang menyebar ke Asia Timur,Asia Tenggara termasuk Indonesia. Agama Hindu memuliakan Dewa-dewa yang tertulis dalam kitab suci mereka yang bernama Weda.

Proses Masuknya Agama dan Kebudayaan Hindu ke Indonesia.
            Dalam perdagangaan di Selat Malaka,Indonesia ikut berperan aktif dalam perdagangan tersebut. Akibat hubungan dagang tersebut,maka terjadilah kontak hubungan antara Indonesia dengan China. Hal inilah yang menjai salah satu penyebab masuknya budaya India ataupun Cina ke Indonesia.
            Pendapat beberapa para ahli tentang proses masuknya agama Hindu-Budha atau kebudayaan India ke Indonesia untuk penyiaran Budaya dan Agama Hindu ke Indonesia:
1.      Hipotesis Ksatrya/raja-raja atau prajurit,di utarakan oleh Prof.Dr.Ir.J.L.Moens berpendapat bahwa yang membawa agama Hindu ke Indonesia adalah kaum Ksatrya atau golongan prajurit,karena adanya kekacauan politik/peperangan di India abad 4-5 M,maka prajurit yang kalah perangterdesak dan menyingkir   ke Indonesia,dan bahkan mendirikan kerajaan di Indonesia.
2.      Hipotesis Waisya/pedagang,di utarakan oleh Dr.N.J.Krom berpendapat bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia di bawa oleh kaum pedagang yang datang untuk berdagang ke Indonesia,bahkan ada yang menetap karena menikah  dengan orang Indonesia, keturunan merekalah yang melahirkan Indonesia-Hindu.
3.      Hipotesis Sudra/rakyat biasa.di India banyak terjadi peperangan.Indonesia di jadikan sebagai tempat pembuangan tawanan-tawanan perang itu mereka inilah yang menyebarkan kebudayaan Indonesia-Hindu.
4.      Hipotesis Brahmana,di utarakan oleh J.C.Vanleur berpendapat bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia di bawa oleh kaum Brahmana yang berhak mempelajari dan mengerti isi kitab suci weda. Kedatangan kaum Brahmana di duga karena undangan   Penguasa/kepala suku  di Indonesia atau sengaja datang untuk menyebarkan agama Hindu di Indonesia. Tetapi walaupun golongan Brahmana menguasai bahasa sanksekerta tetapi menurut kepercayaan Hindu kolot tidak boleh menyebrangi lautan.
5.      Hipotesis Nasional oleh Dr.Van Leur,melalui pelayaran dan perdagangan,karena sejak dulu antara Indonesia dan India telah terjalin  hubungan perdagangan,dengan demikian terjadilah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi,raja-raja di Indonesialah yang mendatangkan Brahmana ini untuk mendapatkan Investur atau pengakuan.

Beberapa hipotesis di atas menunjukkan bahwa masuknya pengaruh India merupakan satu proses tersendiri yang terlaksana melalui proses pelayaran dan perdagangan,demikian juga dengan proses masuknya agama Hindu dan agama Budha yang kitab sucinya di sebut Tripitaka atau di namakan 3 Keranjang. Keberadaab kebudayaan dan agama Budha di buktikan dengan adanya penemuan arca Budha yang terbuat dari perunggu di berbagai daerah di Indonesia antara lain Sempaga(Sulsel),Jember(Jatim),Bukit Siguntang(Sumsel). Dilihat dari ciri-cirinya arca tersebut dari Langgam Amarawati(India Selatan) dari abad 2-5 Masehi. Dan selain itu  juga di temukan arca perunggu berlanggam Gandhara(Indian Utara)di Kota Bangun,Kutai(Kaltim).

Wujud Akulturasi Kebudayaan India dengan Kebudayaan Indonesia antara lain sebagai berikut:
a.       Bahasa.
b.      Religi/kepercayaan.
c.       Organisasi sosial kemasyarakatan.
d.      Sistem pengetahuan.
e.       Peralatan hidup dan teknologi.
f.       Kesenian dan.
g.      Perubahan struktur kenegaraan.

1 komentar: